5 Element Kunci Penulisan Job Description.

Tanpa “Job Description” yang lugas dan efektif, harapan tentang hasil yang aktual akan gagal di komunikasikan antara majikan dan karyawan sejak awal. Sebaliknya apabila di paparkan secara lugas dan tepat maka harapan tentang hasil akhir akan tersampaikan dengan jelas sehingga mempermudah untuk merealisasi harapan atau keinginan tersebut.

Sebuah “Job Description” adalah dasar penting yang sangat penting untuk mengambil langkah selama karir karyawan ; misalnya tentang penilaian kinerja tahunan, kenaikan gaji karyawan masa depan dan promosi, dan banyak lagi.

Bagian-bagaian dasar dari “Job Description”, yaitu: judul posisi, departemen, nama supervisor dan judul, kualifikasi yang di butuhkan, fungsi pekerjaan penting, dan hasil yang di antisipasi.

Untuk menghasilkan “Job Description”  yang baik, maka ada 5 Element Kunci Penulisan Job Description yang perlu di pertimbangkan

Penggunaan kata kerja. Ketika Anda memperluas fungsi poin dari pekerjaan, pastikan bahwa Anda mulai setiap pernyataan dengan kata kerja tindakan dalam waktu sekarang (misalnya, mengawasi, mengatur, membuat, mendidik, melaksanakan, dan perbaikan)

Jelas dan spesifik. Menggunakan ungkapan samar-samar dapat membuatnya membingungkan untuk kedua majikan dan karyawan dan berbahaya. Karena jika perusahaan Anda di hadapkan dengan cacat atau penghentian gugatan melawan hukum, ada banyak di biarkan terbuka untuk interpretasi pengadilan karena hal ini tidak tertulis dalam hal tertentu dan / atau terukur.

Job Description

“Job Description” adalah komprehensif dari pekerjaan. Pastikan untuk mempertimbangkan ruang lingkup penuh setiap posisi karyawan, yang mencakup frekuensi tugas pekerjaan. Dalam deskripsi pekerjaan, sering ada empat kategori utama: fisik (berjalan, duduk, dan lentur), kemampuan belajar (pengalaman industri), tugas pekerjaan (jam dan perjalanan), dan keterampilan berperilaku (kepemimpinan dan komunikasi). Ketika Anda menulis deskripsi pekerjaan, apakah ada potensi tanggung jawab bahwa pekerja mungkin akan di minta untuk lakukan kapan saja?

Sesuai dengan FLSA. Kadang-kadang di butuhkan lebih dari pemahaman tentang Fair Labor Standards Act ( (FLSA) tentang persyaratan mengenai upah dan jam.

Untuk membuat “Job Description”yang lebih efektif yang sesuai dengan FLSA. Seorang manajer SDM perlu mengaudit apa yang karyawan melakukan peran mereka.

“Job Description” terus berkembang. Sebagai perusahaan mulai tumbuh dari waktu ke waktu, adalah wajar untuk menganggap bahwa peran dan tugas departemen yang mereka layani akan berubah juga. Adalah penting bahwa Anda terus menilai kembali “Job Description”secara periodik, sehingga mereka masih akurat dalam mencerminkan harapan pekerjaan.

Mengetahui bagaimana menulis “Job Description”untuk organisasi Anda adalah langkah separuh dari pertempuran. Maka penting bagi manajemen SDM untuk meng-up to date dan merelevansi dengan misi perusahaan. Sehingga penggunaannya yang efektif dapat membantu meningkatkan produktivitas bagi organisasi.  Selain itu “Job Description” juga sebagai alat untuk majikan dan karyawan untuk berkomunikasi dan mengukur harapan pekerjaan untuk saling menguntungkan.

Kesimpulannya dengan “Job Description” yang baik, akan meminimalisir terjadinya ketidaknyamanan di hasil akhir.

yuk baca artikel HR lainnya, masih banyak yang menarik jg di sini Mempersiapkan SDM di Era Industri 4.0

tonton video training kami, untuk pembelajaran efektif di manapun dan kapanpun https://www.udemy.com/course/mengoptimalkan-kpi-perusahaan-melalui-balance-score-card/?referralCode=B20C7C740F5DD5A20843