Tips Menghindari Sekretaris atau Resepsionis saat Telemarketing

Tips menghindari sekretasi atau resepsionis.

Menghindari sekretaris atau resepsionis saat telemarketing. Dalam usaha Anda untuk mendapatkan janji bertemu sering kali harus berhadapan dengan sekretaris atau resepsionis. Resepsionis biasanya lebih mudah menyambungkan  ke orang yang kita kehendaki. Sekretaris biasanya lebih efektif, karena memang dia ditugaskan untuk menyeleksi orang-orang yang ingin bicara dengan atasannya. Untungnya sekarang ini sudah jarang manajer tingkat pertama yang memiliki sekretaris, sehingga lebih mudah untuk menghubungi mereka.

Menghubungi Level Staff.

Dalam banyak hal kita tidak disarankan untuk menghubungi manajer puncak, seperti divison manager, general manager, director, managing director, dan sebagainya, secara langsung tanpa refrensi. Untuk dapat berhubungan dengan mereka, kita harus memulai dengan manajer tingkat pertama, maka dia akan mengatur pertemuan  dengan manajer yang lebih tinggi, sejauh diperlukan. Dalam banyak hal, proyek kita dapat diputuskan langsung oleh manajer tingkat pertama. Oleh karena itu, Anda tidak perlu berusaha untuk menghubungi manajer yang lebih tinggi. Selain sangat sulit menghubungi mereka, manfaatnya pun tidak ada.

Apabila kita masih sulit untuk menghubungi manajer tingkat pertama, mualailah dengan menghubungi stafnya. Biasanya staf cukup mudah untuk dihubungi; mulailah membangun keakraban dan percaya dari level ini, maka staff ini yang akan menjadi sponsor  untuk bicara dengan level manajer di atasnya.

Dalam membangun hubungan anda perlu melakukan 4 langkah :

  1. Jualah diri kita dengan menghargai keberadaan staf ini. Mereka akan menghargai anda bila anda menghargai mereka. Jangan karena kita butuh dengan pimpinan, kita hanya menjadikan staf sebagai jembatan penghalang
  2. Hubungi staff ini, bukan hanya karena anda sedang butuh saja, lakukan percakapan ringan di hari lain
  3. Setelah selesai bertemu, ucapkan terima kasih
  4. Apabila kita mendapatkan penjualan, berikan sedikit dari komisi kita sedikit hadiah atau apapun juga. Ingat kita lebih bagus membangun hubungan dengan konsumen yang sudah pernah beli barang atau jasa kita, dibanding mencari prospek baru.

Ada artikel lainnya yang juga menarik, buka di sini Sales Closing Technique #1 : DOUBLE BINDING.

Tingkatkan skill sales anda melalui pelatihan yang dapat anda pelajari kapanpun dan dimanapun https://www.udemy.com/course/kiat-mudah-berjualan-di-akun-instagram-anda/?referralCode=B0F6F58C39959C0BFC0E