MENGENAL KARAKTER SUKSES SEORANG PEMIMPIN

Bale
 MENGENAL KARAKTER SUKSES SEORANG PEMIMPIN

MENGENAL KARAKTER SUKSES SEORANG PEMIMPIN

16 Desember 2015

Diskusi mengenai “Leadership”  dari masa ke masa dan bahkan sampai detik inipun  masih menjadi topik yang hangat untuk diperbincangkan. Kepemimpinan memang terdengar sederhana, namun dibalik kesederhanaan itu memiliki peran yang amat signifikan dalam lingkungan organisasi atau perusahaan tempat kita bekerja.  Tindakan pemimpin yang tidak tepat pada orang yang tidak tepat ditambah pada situasi yang tidak tepat akan merusak keharmonisan dalam lingkungan kerja, dan jika kondisi ini terjadi maka akan sulit dalam mengorganize bawahan dalam mencapai tujuan atau “goals” yang sudah ditentukan.

Dengan memahami karakteristik yang dimiliki oleh seorang pemimpin, maka setiap pemimpin atau calon pemimpin dapat meng-adaptasi ciri-ciri tersebut untuk dapat dipelajari, dipahami dan dipraktekan dalam kegiatan memimpin dilingkungannya.

Berikut beberap karakter yang perlu/ ada pada sosok pemimpin yang ideal :

Proaktif Vs Reaktif
Pemimpin yang hebat selalu berpikir tiga langkah ke depan. Bekerja untuk menguasai
lingkungannya dengan tujuan menghindari masalah sebelum mereka muncul.


Fleksibel / Adaptable
Bagaimana Anda menangani diri Anda dalam situasi yang tidak terduga atau tidak nyaman? Seorang pemimpin yang efektif akan beradaptasi dengan lingkungan dan situasi yang baru, melakukan yang terbaik untuk menyesuaikannya.


Seorang Pendengar Yang Baik
Sebagai seorang pemimpin, seseorang harus mendengarkan... Anda harus berusaha untuk memahami kebutuhan dan keinginan orang lain. Seorang pemimpin yang baik menanyakan banyak pertanyaan, memperhatikan semua pilihan, dan mengarahkan ke arah yang benar.
 

Hormat
Memperlakukan orang lain dengan hormat hingga pada akhirnya akan mendapatkan rasa hormat.
 

Percaya diri
percaya dengan diri sendiri namun tetap rendah hati.
 

Antusias
Semangat itu menular. Ketika seorang pemimpin termotivasi dan bersemangat dalam pekerjaannya maka orang akan cenderung untuk mengikuti.
 

Berpikiran terbuka
mempertimbangkan semua pilihan ketika membuat keputusan. Seorang pemimpin yang kuat akan mengevaluasi masukan dari semua pihak yang berkepentingan dan berusaha untuk kemajuan bersama.


 

Penuh Ide
manfaatkan sumber daya yang tersedia untuk Anda. Jika Anda tidak tahu jawaban untuk sesuatu, cari tahu dengan menanyakan pertanyaan. Seorang pemimpin harus memiliki banyak  akses ke informasi.

 

Memberi Penghargaan
Seorang pemimpin yang hebatakan mengakui usaha orang lain dan memperkuat tindakan mereka. Kita semua menikmati ketika pekerjaan kita diakui!

 

Berpengetahuan Luas

Pengetahuan adalah kekuatan. Usahakan untuk memahami masalah kebijakan masyarakat, prosedur-prosedur, norma-norma organisasi, dll. Selanjutnya, pengetahuan Anda tentang isu-isu dan Informasi tersebut akan meningkatkan kesuksesan Anda dalam memimpin orang lain.

 

Terbuka Untuk Berubah
Seorang pemimpin akan mempertimbangkan semua sudut pandang dan akan bersedia untuk mengubah kebijakan, program, tradisi yang telah usang, yang tidak lagi bermanfaat bagi kelompok secara keseluruhan.

 

Tertarik dengan Umpan balik.
Bagaimana orang merasakan tentang kemampuan memimpin Anda? Bagaimana anda bisa meningkatkan kemampuan Anda? Ini adalah pertanyaan penting bahwa seorang pemimpin perlu terus-menerus bertanya kepada kelompoknya. Perlakukan umpan balik sebagai hadiah untuk berkembang.
 

Evaluatif
Evaluasi kegiatan dan program kerja sangat penting bagi suatu organisasi / kelompok untuk
berkembang dan maju. Seorang pemimpin yang hebat akan terus mengevaluasi dan merubah program kerja dan kebijakan yang tidak berjalan.

 

Terorganisir
Apakah Anda telah mempersiapkan diri untuk suatu pertemuan, presentasi acara dan yakin bahwa orang disekitar Anda telah siap dan terorganisir juga?
 

Konsisten
Keyakinan dan penghargaan tidak dapat dicapai tanpa konsistensi kepemimpinan Anda. Orang-orang harus merasa yakin bahwa pendapat dan pikiran mereka akan didengar dan dipertimbangkan.
 

Mendelegasikan
Seorang pemimpin yang hebat menyadari bahwa dirinya tidak bisa menyelesaikan segala sesuatu sendiri. Seorang pemimpin akan mengetahui bakat dan minat dari orang-orang di sekitarnya, sehingga mendelegasikan tugas sesuai dengan kemampuan mereka.

 

Penggagas Ide
Seorang pemimpin harus berusaha untuk menjadi motivator ataupun Inisiator. Pemimpin harus menjadi faktor kunci dalam perencanaan dan pelaksanaan ide-ide baru, program, kebijakan, peristiwa, dll.

 

sumber : dari berbagai sumber