Blog

Home / EMPOWERING LEADERSHIP

EMPOWERING LEADERSHIP

Bale
EMPOWERING LEADERSHIP

EMPOWERING LEADERSHIP

17 November 2015

Coaching saat ini merupakan ilmu komunikasi dan navigasi pikiran yang paling sering dipelajari saat ini.  Tehnik coaching saat ini dikembangkan ke berbagai area, bukan hanya dibidang olah raga, tapi juga bisnis, kehidupan maupun pengembangan diri. Begitu dikaguminya coaching, sehingga banyak para pakar coaching mulai menggunakan tehnik coaching untuk kepemimpinan. Walaupun pelatihan coaching leadership mulai banyak diajarkan melalui seminar dan workshop, namun sampai hari ini belum ditemukan aplikasi efektif menerapkan coaching dalam kepemimpinan, dikarenakan Sulitnya membangun sesi coaching efektif, dengan team dibawah leader, karena sering para coache yang nota bene bawahan dari leader, sulit mengekspresikan dirinya secara lepas dalam sesi yang dikembangkan leader, Sebaliknya dari leader sendiri, sering sekali tidak bisa memisahkan dirinya sebagai coach dan leader dalam sesi coaching yang dibangun dalam organisasinya.

Lalu bagaimana pendekatan efektif untuk menerapkan coaching dalam kepemimpinan?

US Navy Captain David Marquet memperkenalkan pendekatan baru berani untuk kepemimpinan, berdasarkan pengalamannya membenah kapal selam  USS Santa Fe yang menangkut nuklir. Pengamatanya di awal karir memimpin santa fe, membuat dirinya harus memikirkan cara untuk memimpin dengan efektif, mengingat para team dibawahnya di didik untuk mengikuti perintah kapten secara disiplin, tentang apapun perintahnya, sementara David masih perlu pelajari manual operasional kapal pengangkut nuklir. David kemudian membuat perubahan dalam kepemipinan dan dianggap sebuah revolusi kepemimpinan dalam militer saat itu. David menghentikan kebiasaan memberi perintah pada semua hal dan hanya membatasi perintah pada area yang darurat seperti tombol pelincuran nuklir. David mengembankan 4 hal :

  • Memimpin dengan pemberian wewenang pada team
  • Mengembangkan lingkungan berpikir aktif dalam team
  • Lebih banyak bertanya dibanding instruksi
  • Mengembangkan kesadaran dan tanggung jawab

Gaya kepemimpinan yang dikembangkan david marquet menyebutnya dengan intent leadership. Gaya inilah yang sebenarnya merupakan aplikasi dari metode coaching untuk para leader, dengan gaya ini para team david bisa mengembangkan dirinya serta berkreasi dalam koridor yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Inilah sebenarnya gaya coaching leadership, dimana prinsip dan metode coaching dalam organisasi, diaplikasikan bukan dalam sesi sesi coaching, seperti yang dilakukan oleh para eksternal coach. Gaya coaching leadership, merupakan coaching in daily office practice, dimana tehnik coaching digunakan untuk mengembangkan kesadaran, inisiatif, mencari ide kreatif dan mengembangkan tindakan produktif untuk menghasilkan karya dari kinerjanya menuju leve terbaik dari yang bisa dicapai oleh team. Seorang leadership coach, merupakan pemimpin yang fokusnya pada “people center” bukan pada rutinitas pekerjaan.  leadership coach adalah katalisator kinerja untuk member ruang yang lapang pada team, guna menuangkan semua potensi terbaiknya dalam organisasi.