“Training SOP”- Kunci Jitu Kesuksesan

Bale
“Training SOP”- Kunci Jitu Kesuksesan

“Training SOP”- Kunci Jitu Kesuksesan

17 September 2015

 “Training SOP” sangat diperlukan dalam era sekarang  karena adanya tuntutan perkembangan perusahaan dan kompleksitas usaha. SOP  atau Standarad Operating Procedures adalah sebuah perangkat aturan atau instruksi yang dibuat sebagai pedoman dalam melakukan suatu pekerjaan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Instruksi atau aturan – aturan tersebut memuat langkah- langkah dan aktifitas – aktifitas dari sebuah proses atau prosedur yang harus dijalani untuk menghasilkan sebuah output yang  sangat diharapkan. Bisa dibayangkan dengan jelas apa yang akan terjadi bila sebuah perusahaan tidak memiliki SOP, tentunya akan menimbulkan kebingungan di antara karyawan dalam perusahaan.

Ada banyak keuntungan yang dapat di raih apabila sebuah perusahaan atau badan usaha memiliki SOP. Keuntungan yang utama yang dapat diraih oleh perusahaan adalah dapat mendokumentasikan semua fungsi dalam perusahaan. Mendokumentasikan prosedur tertulis maupun praktek yang dilakukan secara kolektif maupun secara individu yang kemudian menjadi bagian dasar peraturan dalam perusahaan yang kemudian menjadi peraturan yang tidak bersifat individu atau grup tetapi untuk seluruh karyawan. Untuk meningkatkan kinerja karyawan pada perusahaan sangat dibutuhkan training secara rutin atau berkala, maka dari itu “training SOP” sangatlah dibutuhkan terutama bagi karyawan baru. SOP sangat membantu untuk membuat standarisasi bagi seluruh cabang perusahaan. Dengan adanya SOP akan memudahkan untuk menentukan pekerjaan apa ynag harus dilakukan, siapa ynag harus mengerjakan, siapa yang memberi persetujuan, dokumen apa yang harus di siapkan dan selain itu juga dapat meminimalkan berbagai permasalahan yang secara keseluruhan dapat mengurangi efektifitas  dan efisensi pekerjaaan.

Dalam lingkungan perusahaan dimana kepatuhan terhadap aturan adalah sebuah persyaratan dalam mengecek langsung pada lokasi, contohnya pada perusahaan farmasi, alat –alat kesehatan, bahan- bahan kimia dan lainnya, “training SOP” adalah keharusan. Berdasarkan beberapa literatur atau berbagai referensi menyatakan bahwa sebagian besar masalah yang timbul dalam hal regulasi adalah kurangnya SOP tetulis dan kegagalan para karyawan dalam memahami dan mengikuti aturan yang ada. Dalam lingkungan pabrik hal tersebut di butuhkan agar tercapai kualitas kerja yang efektif. SOP bukanlah merupakan dokumen yang static, yang tidak dapat diubah atau mengalami perubahan sama sekali. Untuk meningkatkan kinerja dalam perusahaan, maka SOP perlu untuk direview secara teratur dan selalu di perbarui untuk menyakinkan bahwa perusahaan berusaha untuk selalu melakukan peningkatan dengan membuat prosedur – prosedur bekerja yang terbaru. Perubahaan yang dilakukan terhadap SOP harus di dokumentasikan dan secepatnya harus di sosialisasikan terhadap para karyawan.“Training SOP” telah terbukti sangat bermanfaat. Selain dapat membantu untuk membuat sebuah proses lebih efektif, training ini juga dapat meningkatkan penampilan kinerja, meningkatkan pelayanan bagi pelanggan dan yang paling penting adalah dapat meningkatkan bisnis dengan pesat.