“Training Management” – Kunci Meraih Sukses

Bale
“Training Management” – Kunci Meraih Sukses

“Training Management” – Kunci Meraih Sukses

04 September 2015

Banyak perusahaan atau badan usaha menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan training  bagi karyawannya. Training dilakukan di area yang berbeda, bagi karyawan atau pegawai yang berbeda dengan cara yang berbeda dan waktu yang berbeda pula. Untuk mengapresiasi keuntungan dari usaha dan investasi terhadap sebuah training sangat dibutuhkan sebuah managemen atau pengaturan yang sistematik dan tidak memberlakukan kegiatan training tersebut sebagai kegiatan atau kejadian yang sporadis.

Kemajuan sebuah perusahaan, usaha maupun karyawan  bukan merupakan sesuatu yang instant atau sesuatu yang hanya terjadi untuk satu kali. Hal tersebut merupakan sebuah proses yang berkelanjutan dengan berbagai kejadian dan aktivitas dari waktu ke waktu. Disinilah dibutuhkan sebuah penjajakan untuk mengetahui perkembangan kegiatan dimana para pekerja  berpartisipasi. Ini merupakan salah satu kunci sebuah sistem  “training management”. Ini juga  dapat membantu untuk mengetahui berbagai macam aktifitas atau kegiatan yeng telah dilakukan seorang karyawan dalam rentang waktu tertentu. Pada akhir tahun akan memudahkan kita untuk melihat berbagai macam training yang telah diikuti oleh seorang karyawan, dari sanalah akan kita lihat dampak apa yang akan muncul bagi kinerja seorang karyawan.

Ada berbagai cara atau medologi training yang dapat dipilih atau digunakan olah sebuah perusahaan atau badan usaha. Namun pada prinsipnya sebuah training bukanlah sekedar sebuah aktifitas di dalam ruang kelas. Sekarang sangat mudah ditemukan berbagai macam metodologi training yang dapat digunakan, contohnya  dengan cara melakukan training melalui web. Sebuah perusahaan atau badan usaha akan berusaha untuk  merekan semua kegiatan belajar untuk membuat analisa ynag benar dan seharusnya terjadi sehingga akan lebih mudah untuk mengetahui siapa saja karyawan yang mengalami peningkatan dalam bekerja.  Sebuah sistem “training management” dapat juga melacak berbagai kegiatan training yang mungkin saja dilakukan secara lintas antar perusahaan.

Sistem “training management” dapat membuat  bagian operasional dari sebuah training  berfungsi sangat efektif. Selain itu juga dapat memberikan masukan atau input untuk membuat sebuah keputusan terhadap kemajuan sumber daya manusia yang merupakan sebuah investasi modal yang sangat berharga bagi perkembangan sebuah perusahaan atau badan usaha. Dengan adanya sistem “training management” hal – hal yang berkaitan dengan kegiatan adminstratif, data, proyek maupun kegiatan managemen dapat kerjakan secara sistematik dan inklusif sehingga membuat hal –hal yang sepertinya rumit dan susah menjadi lebih mudah, efisien dan lebih produktif. Hal positif lain ynag dapat diraih adalah  dapat memberikan informasi yang sangat penting untuk berbagai macam hal dari sudut pandang yang berbeda contohnya  seperti lokasi, departemen, unit bisnis dan lainnya. Selain itu juga dapat memberikan penilaian terhadap keefektifan suatu program training, kualitas sebuah biro training dan juga para partisipannya.