Rencana Kerja Marketing Jembatan Sukses Bisnis Anda

Bale
Rencana Kerja Marketing Jembatan Sukses Bisnis Anda

Rencana Kerja Marketing Jembatan Sukses Bisnis Anda

29 Juni 2015

Di balik setiap bisnis yang sukses ada Rencana Kerja Marketing yang efektif, sebuah peta tentang rute menuju kesuksesan. Membuat komitmen untuk menulis Rencana Kerja Marketing adalah langkah pertama dalam menetapkan tujuan bisnis Anda. Mengintegrasikan tujuan, dasar pemikiran, garis waktu dan anggaran dapat menjadi instrumen untuk perbaikan lanjutan dan untuk mendapatkan keuntungan yang meningkat. Tanpa adanya rencana marketing, mimpi dan aspirasi Anda yang berharga kemungkinan akan mengambang tidak dapat mencapai akar agar  tumbuh dan berkembang, dan berkontribusi bagi keberhasilan Anda.

Rencana Kerja Marketing adalah dokumen tertulis yang merinci tindakan yang diperlukan untuk mencapai satu tujuan atau lebih dalam pemasaran. Hal ini dimaksudkan sebagai cara atau langkah yang terstruktur untuk menangani masalah pemasaran, bukan koleksi bagian, bagian atau potongan secara acak. Hal ini merupakan komponen kunci dari rencana bisnis dan sangat penting untuk merencanakan arah keseluruhan yang ingin Anda capai dalam berbisnis. Sebuah Rencana Kerja Marketing bukanlah sesuatu yang Anda tulis dan kemudian Anda lupakan. Perlu disertai dengan, memonitor dan pembaharuan. Anda harus secara teratur mengevaluasi rencana Anda untuk memastikan telah mencapai tujuan yang Anda tetapkan. 

Rencana Kerja Marketing biasanya menangani pada tingkat penjualan, keuntungan, laba atas investasi atau, untuk bisnis yang lebih besar, yaitu pangsa pasar. Pemasaran adalah fungsi bisnis dan memiliki banyak dimensi, termasuk riset pasar, layanan pelanggan, iklan, penargetan, kemasan, harga, e,pemasaran, dan lainnya. Rencana marketing, bahkan yang diciptakan di dalam perusahaan kecil, dapat bervariasi dalam ruang lingkup, format, panjang, dan tingkat detail namun biasanya mencakup jenis informasi yang hampir sama.

Sebelum Anda menulis Rencana Kerja Marketing, Anda perlu mengatasi beberapa komponen kunci. Komponen kunci tersebut adalah sebagai berikut: Ringkasan Eksekutif Anda, tulislah, dan kemudian tulis ulang setelah Anda menyelesaikan rencana marketing Anda. Tujuan dan sasaran pemasaran utama Anda harus jelas dan terukur. Bisnis Anda, Menentukan karakteristik penting dalam bisnis

Anda, kekuatan dan kelemahan baik secara kelompok maupun individual. Mengevaluasi limbah dalam hal waktu dan sumber daya. Pelanggan Anda, baik yang masih merupakan potensi atau yang telah ada, terutama kualitas produk atau jasa apa yang paling dinilai oleh pelanggan Anda. Pesaing Anda, apa yang membedakan Anda, dan apa yang membuat Anda lebih baik dari mereka. Produk atau Jasa yang Anda tawarkan. Lokasi, keuntungan dan kerugiannya. Memutuskan lokasi yang membawa keuntungan bagi bisnis Anda. Tentukanlah aktifitas marketing yang sesuai dengan profil dan keadaan bisnis Anda.  Bersiaplah untuk melangkah melewati zona aman Anda. Mintalah nasehat jika Anda memang memerlukannya. Anggaran, menentukan keseluruhan anggaran serta anggaran untuk setiap kegiatan pemasaran yang berbeda dan jangan lupa untuk mempertimbangkan tentang strategi harga.