Marketing Strategy Jalan Mendapatkan Keuntungan ATAU Kesuksesan

Bale
Marketing Strategy  Jalan Mendapatkan Keuntungan ATAU Kesuksesan

Marketing Strategy Jalan Mendapatkan Keuntungan ATAU Kesuksesan

25 Juni 2015

Kunci utama keberhasilan dalam berbisnis  adalah marketing strategy. Alasan pertama kenapa bisnis gagal adalah karena tidak menghasilkan uang cukup. Dan alasan mengapa tidak membuat cukup uang adalah bahwa banyak perusahaan kurang memahami dan mempraktekkan marketing strategy yang efektif. Menurut The American Marketing Association, organisasi profesi terbesar pemasar di Amerika Serikat, mendefinisikan pemasaran adalah sebuah fungsi yang terorganisasi dan seperangkat proses untuk membuat, berkomunikasi dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan perusahaan dan para pemilik saham. Dengan kata lain pemasaran adalah dilihat sebagai pola pikir atau orientasi dari suatu bisnis atau perusahaan. Disebut orientasi pemasaran artinya organisasi secara keseluruhan berorientasi untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Sebuah perusahaan dengan orientasi  hal tersebut merupakan perusahaan yang berbasis pasar. Perusahaan fokus pada strategi dan operasi dalam memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara yang lebih unggul dari para pesaing.

Lalu apakah strategi itu? Strategi berasal dari bahasa Yunani strategos. Dalam kamus Webster strategi dalam sekala luas berarti Ilmu perencanaan dan pelaksanaan kampanye militer sedangkan arti lainnya adalah ketrampilan manajemen atau rencana cerdik atau metode. Dalam dunia bisnis arti kedualah yang sesuai. Arti yang kedua adalah cara untuk memenangkan persaingan yang melibatkan beberapa pesaing. Pesaing bisa menjadi musuh yang mencoba untuk mengalahkan Anda, atau pesaing bisnis yang sedang mencoba untuk mendapatkan pelanggan yang membeli dari mereka bukan dari Anda.

marketing strategy sangatlah penting dan memang suatu keharusan yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan karena memiliki banyak manfaat yang efektif yaitu:

  1. Mempertajam manfaat kompetitif Anda miliki sehingga menjadikan bisnis Anda lebih maju dari pesaing Anda dalam hal berhubungan dengan para pelanggan.
  2. Meningkatkan pendapatan perusahaan lebih efektif .
  3. Menyatukan kepemimpinan tim untuk menarik semua hal ke arah yang sama untuk memaksimalkan hasil yang positif.
  4. Memberikan fokus yang lebih jelas terhadap merek yang Anda punya sehingga akan lebih dikenal di pasar.
  5. Merangsang permintaan pasar terhadap produk dan jasa yang anda tawarkan.
  6. Meningkatkan kemampuan Anda untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
  7. Meningkatan keefektifan pengiriman pesan yang Anda kirim kepada para pelanggan.

marketing strategy adalah sesuatu yang luas dan kompleks yang membutuhkan tak hanya pengetahuan namun juga usaha yang keras untuk benar-benar menguasai dan memanfaatkannya secara maksimal untuk bisnis Anda. Strategi ini memang perlu dilakukan karena merupakan cara yang paling efektif yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan atau badan usaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara mengungguli para pesaing untuk mendapatkan pendapatan dan keuntungan yang maksimal sehingga tercapai kesuksesan.