Pentingnya Menguasai SOP Perusahaan yang ANDA Miliki

Bale
Pentingnya Menguasai SOP Perusahaan yang ANDA Miliki

Pentingnya Menguasai SOP Perusahaan yang ANDA Miliki

22 Juni 2015

Walaupun benar bahwa Anda adalah seorang pengusaha yang cerdik dan bisa sukses di hampir semua jenis usaha, namun hal tersebut  bukanlah alasan untuk tidak memiliki dan menguasai apapun tentang  “SOP Perusahaan”. “SOP Perusahaan”  adalah Operasi tentang apa sebenarnya yang dilakukan dalam bisnis – bagaimana bisnis restoran menyediakan dan melayani makanan, bagaimana konsultan dapat membantu dalam usaha peningkatkan pada bidang tertentu, atau bagaiman toko retail dapat  menjual produk yang spesifik – pada prinsipnya bagaimana pekerjaan seharusnya dilakukan. Jelaslah sudah  memahami  tentang SOP sehari-hari sangat penting untuk memimpin dan menjadikan setiap bisnis berkembang dan sukses.

“SOP Perusahaan”  adalah  seperangkat standar instruksi untuk pelaksanaan suata kegiatan pada suatu perusahaan atau organisasi. SOP pada dasarnya membantu sebuah perusahaan atau organisasi untuk mencapai konsistensi dan kualitas dalam pelaksanaan kegiatan yang berulang dan rutin, walaupun jika hal ini dilakukan oleh individu yang berbeda dalam waktu yang berbeda pula. Seringkali SOP disebut juga sebagi bagian dari keseluruhan rencana kualitas managemen sebuah perusahaan atau organisasi. Sudah pasti Jelas, setiap jenis bisnis memiliki “SOP Perusahaan”  yang sangat berbeda. Dalam bisnis seperti restoran atau makanan cepat saji, toko pakaian atau apa pun, pada dasarnya mempunyai SOP yang hampir sama. Contohnya tentang hal rute dasar pengembangan produk untuk pengiriman produk pada prinsipnya hampir sama. Oleh karena itu, masuk akal untuk mempekerjakan manajer dan karyawan dengan pengalaman dalam industri yang sama, bahkan jika pengalaman yang dimiliki tidak persis sama. Namun, dalam industri apapun, pelaksanaan SOP dapat sangat bervariasi. Artinya pada prinsipnya secara umum pekerjaan mungkin sama, tetapi bagaimana pekerjaan itu akan dilakukan bisa sangat berbeda dari bisnis yang satu ke bisnis yang lainnya.

Cara terbaik untuk memahami SOP sebenarnya adalah untuk mencoba melakukan sendiri pekerjaan tersebut, meskipun hanya sedikit. Dalam beberapa kasus, bekerja dalam waktu singkat di bisnis tersebut dan ditambah sejumlah penelitian sudah cukup untuk memahami SOP pada perusahaan Anda. Jika tidak ada cukup waktu (atau kesempatan) untuk benar-benar bekerja di bidang dimana Anda memulai bisnis, pilihan terbaik yang dapat dilakukan adalah untuk menyewa seorang ahli. Gunakan seluruh kontak jaringan Anda untuk mengumpulkan referensi yang  baik untuk karyawan atau konsultan dalam  membantu untuk membangun bisnis Anda. Tentu saja,hal tersebut  tidak pernah menjadikan hal tersebut  sebuah ide yang baik untuk sepenuhnya menyerahkan sebagian dari bisnis Anda ke pihak luar, sehingga akan lebih bermanfaat untuk membawa seorang ahli sebagai mitra bisnis Anda. Mengetahui “SOP Perusahaan” merupakan kebutuhan mutlak bagi sebagian besar pengusaha. Dengan hanya mengandalkan seorang karyawan yang berpengalaman sangatlah berbahaya - apa yang terjadi ketika mereka berhenti? Kecuali seorang ahli tersebut adalah mitra bisnis sesungguhnya, karena kalau tidak Anda harus mempunyai waktu untuk menguasai apapun, terutama SOP, pada bisnis Anda.