Empat Ketrampilan Efektif untuk Menunjang Penjualan

Bale
Empat Ketrampilan Efektif untuk Menunjang Penjualan

Empat Ketrampilan Efektif untuk Menunjang Penjualan

17 Juni 2015

Selling merupakan aktivitas yang paling vital menunjang keberhasilan perusahaan baik untuk bertahan maupun memenangkan persaingan di pasar. Kegiatan selling sebenarnya merupakan kegiatan komunikasi  secara comprehensive yang menuntut kemampuan untuk dapat menyampaikan pesan produk/ jasa kita sekaligus juga kemampuan untuk mendengarkan kebutuhan konsumen.

Dari sisi seorang penjual, kita selalu ingin calon konsumen untuk memahami produk yang ditawarkan, memahami fungsi, manfaat, kelebihan produk/ jasa kita dan hal-hal lain untuk menunjang penjualan kita. Kadang kita sering terjerumus untuk “memaksa” konsumen menerima presentasi kita tersebut. Satu hal yang sering dilupakan Calon Konsumen juga menginginkan untuk didengar!

Saat kita telah mendapat kesempatan untuk bertemu dengan calon konsumen, ini adalah momen untuk kita mendengarkan kebutuhan mereka bukan momen untuk kita menjelaskan produk/ jasa kita. Konsepnya 75% mendengar dan 25% menjelaskan.

Untuk dapat sukses dalam penjualan, pahami dulu bahwa anda menjual dengan mendengarkan kebutuhan mereka, “ibarat seorang dokter yang menghadapi pasien, untuk dapat sampai kepada pemberian obat tertentu dokter memulai dengan bertanya dan mendengarkan, hasil diagnosa merupakan kumpulan jawaban pasien.”

Mendengarkan dalam komunikasi penjualan adalah mendengarkan secara aktif menggunakan seluruh indra pendengaran termasuk pikiran kita,

Berikut adalah beberapa teknik dalam mendengarkan;

Melalui teknik bertanya.

Kemampuan bertanya merupakan syarat mutlak untuk seorang sales dalam mendengarkan, dengan memberikan pertanyaan yang tepat, sales akan mampu menggali kebutuhan calon konsumen.

Tehnik Mendengarkan

Dengan mendengar secara efektif  akan memberikan suasana positif terhadap calon konsumen kita. Yang dimaksud mendengar secara efektif, adalah kita hadirkan diri kita secara penuh untuk mendengarkan calon konsumen tanpa membuat penafsiran terlalu dini. Dengan cara ini  calon konsumen  akan merasa dihargai karena kita aktif mendengarkan dan merespon apa yang dikomunikasikan kepada kita.Disamping itu, kita juga sesekali harus melakukan kontak  mata disertai dengan bahasa tubuh seperti anggukan kepala.

Hal-hal yang harus dihindari dalam mendengarkan adalah kita tidak memotong pembicaraan atau langsung bereaksi negatif ketika sedang mendengarkan mis : membantah pendapat calon konsumen tentang produk/ jasa kita, memberikan solusi tanpa diminta, mengalihkan perhatian dan lain-lain. Di sesi ini tugas kita murni hanya mendapatkan data terlebih dahulu bukan memberikan solusi dini

Meringkas

Buatlah ringkasan dari apa yang disampaikan oleh calon konsumen kita, dengan menyampaikan ulang point-point yang kita dengar akan membuat calon konsumen kita merasa di hargai, mereka menjadi nyaman karena mereka merasa kita memahami apa yang mereka sampaikan.

Antusias

Tunjukan anda bersemangat dalam berbicara dengan calon konsumen anda, hadirkan hati anda, hati yang tulus akan ditunjukan oleh perilaku anda. Apa yang ada didalam akan dilihat oleh lawan bicara anda melalui ekspresi anda. Jangan lakukan internal komunikasi saat calon konsumen anda berbicara. Gunakan bahasa tubuh, bahasa tubuh mempengaruhi 60 % komunikasi.

Selamat mencoba teknik-teknik diatas, semoga anda berhasil...

Sumber : dari berbagai sumber.

sumber gambar http://www.jillkonrath.com/sales-blog

Anda membutuhkan pelatihan sales untuk in house training maupun publik training, silakan hubungi kami di Nomer Telp 021-79191072 atau kontak langsung ke 081311612406 dengan Sdr. Saleh.